Kamis, 05 Mei 2011

Fisiology Space

Fungsi organ-organ system digestive
System digestive?? Do you know what is it?
Oke,yuk kita bahas apa sih sebenernya system digestive itu.
System digestive adalah system pencernaan. So, udah nggak asing lagi kan… System pencernaan pada manusia berawal dari rongga mulut (cavum oris). Di dalam mulut, terjadi pencernaan secara mekanik dengan bantuan gigi dan pencernaan khemis dengan bantuan enzim ptyalin yang terkandung dalam saliva (air liur). Saliva ini dihasilkan oleh beberapa kelenjar di dalam mulut yaitu kelenjar parotis, kelenjar submandibularis dan kelenjar sublingualis.
Kemudian lidah membantu mendorong makanan masuk ke dalam pharingx tepatnya pada orofaring. Pada saat ini, epiglotis akan menutup jalan nafas sehingga makanan masuk ke saluran yang semestinya.
Dari pharingx makanan masuk ke oesophagus dan terus berjalan menuju lambung karena adanya gerakan peristaltic. Lambung akan menerima makanan dari orificium kardia, kemudian otot-otot lambung akan berkontraksi sehingga menyebabkan makanan dapat tercampur dengan getah lambung. Di lambung terdapat 3 enzim, yaitu pepsin yang mengubah asam amino menjadi pepton, rennin yang membekukan susu dan membentuk kasein dari kasinogen, dan HCl yang membuat suasana dalam lambung menjadi asam sehingga pepsinogen dapat berubah menjadi pepton.
Dari lambung makanan menuju usus halus yang terdiri dari 3  bagian yaitu duodenum, jejunum, dan ileum. Duodenum merupakan muara dari enzim-enzim pencernaan, yakni enzim amylase, lipase, dan tripsin. Ketiga enzim tersebut memiliki fungsi masing-masing. Amylase memecah molekul glukosa, lipase memecah molekul lemak, sedangkan tripsin memecah molekul asam amino. Kemudian makanan akan masuk ke jejunum dan ileum dimanana sari-sari makanan akan diserap.
Sedangkan air dan ion-ion akan diserap di usus besar. Dari usus besar sisa-sisa penyerapan makanan akan  berada pada kolon sigmoid. Apabila feces pada kolon sigmoid masuk ke dalam rectum, akan timbul reflex defekasi dan menyebabkan rasa mulas yang merupakan sensasi ingin BAB.

0 komentar:

Posting Komentar